Sabtu, 27 Oktober 2012

BAB II

LANDASAN TEORI


     A.  Ekonomi Mikro
     Ilmu Ekonomi Mikro memepelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecil, dan mempelajari bagaimana individu menggunakan sumber daya yang dimilikinya sehingga tercapai tingkat kepuasan yang optimum. Secara teori, tiap individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi yang optimum bersama dengan individu – individu lain akan menciptakan keseimbangan dengan asumsi cateris paribus.

     B.    Teori Ekonomi Mikro
     Harga Harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja) Harga adalah nilai dari komoditas secara agregat (keseluruhan)
Unit analisis Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. Contohnya permintaan dan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan Pembahasan tentang kegiatan ekonomisecara keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, pertumbu8han ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi.

      C.   Model Ekonomi Mikro
      Pernyataan formal sebuah teroi secara verbal, diagramatis dan matematis ukuran dan nilainya dapat berubah dari waktu ke waktu dan dari observasi ke observasi.

Contoh Model Ekonomi :
1.       Model Deduktif dan Induktif
Model Deduktif : Pengambilan keputusan untuk hal-hal khusus dari hal-hal yang bersifat umum.
Model Induktif :  Kegiatan penelitian ekonomi telah banyak menghasilkan pemahaman – pemahaman baru baik dalam ekonomi mikro maupun makro.

2.       Cateris Paribus
Kesimpulan yang ditarik berdasarkan asumsi variable – variable lain yang dianggap tidak berubah.

3.       Ekonomi Postif dan Ekonomi Normatif
Ekonomi Positif : antara dunia nyata dengan dunia ideal, dipakai sebagai pendekatan dalam kebijakan ekonomi yang di jalankan.
Ekonomi Normatif : Pandangan subjektif yang dipengaruhi banya factor atau variable mengenai apa yang terjadi tidak seharusnya terjadi.
        D.       Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara yang hendak diuji kebenarannya jenis hipotesis yang akan dipergunakan adalah hipotesis nol. Penulis mengambil hipotesis yang hendak di uji.

H1 = Diduga terdapat hubungan atau pengaruh yang signifikan variable yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
H2 = Diduga terdapat hubungan atau pengaruh yang signifikan variable Peran dan Fungsi Pemerintah di Bidang Ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar