"PENGARUH PERILAKU KONSUMEN MOBILE INTERNET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET LAYANAN"
(Studi kasus pada data unlimited internet GSM di Jakarta)
Teknologi GSM menjadi pilihan bagi
pasar potensial bagi penyedia jasa operator jaringan telekomunikasi di
Indonesia. Terus tumbuhnya pasar internet membuat operator telekomunikasi giat berlomba
memasarkan paket-paket jasa layanan data internet. Operator – operator telekomunikasi
GSM seperti tak mau kalah menawarkan paket-paket internet tersebut. Paket
Mobile internet yang lagi menjadi trend dan menjadi komiditi produk andalan
dari beberapa operator Telekomunikasi untuk menawarkan dan mendapatkan pelanggan
internet sebanyak mungkin adalah dengan menawarkan paket layanan data “Unlimited
Internet”.
Analisis
Jurnal 2 :
“PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN
MOBILE INTERNET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET LAYANAN”
(Studi kasus pada data unlimited
internet CDMA di Jakarta)
Populasi
dalam penelitian ini adalah pengguna handphone yang dilengkapi modem untuk
internet (mobile internet), khususnya yang menggunakan simcard dari operator
telekomunikasi CDMA yang menggunakan paket layanan data “unlimited internet”, di sekitar wilayah DKI
Jakarta. Peneliti pada awalnya melakukan sampel kewilayahan, berhubung peneliti
mengalami kesulitan untuk mendapatkan angka untuk data primer populasi pengguna
mobile internet dengan paket layanan data Unlimited Internet CDMA di DKI Jakarta
, dan mengikuti aturan ilmu statistika mengenai desain dan prosedur
sampling,akhirnya peneliti menggunakan Non Probability Sampling,dimana setiap
anggota populasi tidak memiliki kesempatan atau peluang yang sama sebagai
sampel.
Analisis Jurnal 3 :
“PENGARUH
PERILAKU KONSUMEN DALAM
PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP PRODUK YANG DIINGINKAN”
Dalam pengambilan keputusan
biasanya konsumen akan memperhatikan beberapa hal yang penting antara lain
seperti budaya, sosial, keluarga, pribadi, psikologi. Dengan pertimbangan
diatas, berulah seorang konsumen akan mengambil tindakan sebagai suatu
keputusan pembelian terhadap suatu produk yang diinginkan. Dengan adanya
faktor-faktor tersebut biasanya konsumen akan menitik beratkan pada faktor
budaya yang terkini. Selain dari gaya hidup, faktor tersebut merupakan adanya
kemajuan perilaku konsumen yang termobilisasi terhadap produk yang diinginkan.
Dengan faktor dominan ini, maka produk yang ditawarkan oleh produsen akan
semakin meningkat seiring perkembangan zaman.
Judul Penelitian : PENGARUH KEPUASAN DAN PEILAKU
KONSUMEN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET LAYANAN
Tema :
Pengaruh factor kepuasan dan perilaku kosnumen terhadap keputusan
pembelian paket layanan
I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pertumbuhan
akses internet di Indonesia sangat pesat, diawali dengan masuknya internet ke
Indonesia sekitar tahun 1994. Berdasarkan data terakhir dari APJII (Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) di tahun 2007, pada saat ini pemakaian
internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 25 juta, mengalami pertumbuhan
populasi sekitar 10,5% dari hanya sekitar 2 juta pemakai di tahun 2000
(www.apjii.or.id ). Pertumbuhan perusahaan yang menyediakan jasa Internet di
Indonesia berkembang sangat baik. Berdasarkan data yang diterima dari
Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, ijin yang telah dikeluarkan untuk
ISP sekitar 298, NAP sekitar 44 & Multimedia sekitar 25 sampai akhir 2007. Secara
realisasi data sampai akhir 2007, jumlah perusahaan yang menjadi anggota
berjumlah 198 dan perusahaan secara operasional yang menjalankan bisnis
penyedia jasa internet berjumlah 165.
Populasi penduduk di Indonesia yang mencapai sekitar 230
juta jiwa menjadi prospek pasar/bisnis yang menjanjikan bagi operator
telekomunikasi yang memberikan jasa layanan telepon bergerak atau selular. Pada
masa mendatang, bisnis telekomunikasi khususnya untuk telepon bergerak
diperkirakan akan tetap mengalami pertumbuhan. Penyelenggara bisnis
telekomunikasi yang menyediakan jasa layanan internet dari selular/mobile
internet harus cermat dalam menghadapi perilaku konsumen yang selalu menuntut
kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakan jasa
internet.
Menurut penelitian yang dilakukan net index yang diumumkan
yahoo dan TNS (Hotel Le Meridien, Jakarta, Kabarindo,31/5/2010) mengenai tren
internet di Indonesia , tahun ini menunjukkan beberapa perubahan penting dalam
perilaku penggunaan internet di Indonesia yang merupakan pasar online terbesar
dengan pertumbuhan tercepat di se-Asia Tenggara dengan penetrasi internet yang
cepat. Indonesia telah mencatat lonjakan sebesar 26% di akses internet melalui perangkat
mobile, meningkat dari 22% (2009) menjadi 48% (2010). Pertumbuhan ini didukung
oleh banyaknya masyarakat Indonesia yang senang berinteraksi sosial melalui
dunia maya, seperti Twitter, Facebook, Friendster.
Fenomena pertumbuhan internet dan pengguna Mobile internet
di Indonesia tentunya menjadi target potensial operator telekomunikasi di
Indonesia didalam memasarkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.
Menurut Vice President CDMA Development Group Joseph R
Lawrence, di sela-sela media round table di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa
(27/4/2010) yang dikutip oleh Susetyo Dwi Prihadi - Okezone ,pada tahun 2010
ini pelanggan CDMA di Indonesia diprediksi akan mencapai 41 juta pelanggan.
Meningkat di 2011 dengan kisaran angka 47 juta, sehingga pada 2014 Qualcomm
meyakini sekitar 61 juta pelanggan telekomunikasi di Indonesia akan menggunakan
CDMA
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah
di uraikan sebelumnya, maka penulis ingin mengetahui seberapa jauh dampak
pengeruh signifikan dari sebuah Kepuasan dan Perilaku Konsumen.
1.3 Tujuan Penelitian
Penulisan
ini bertujuan untuk mengetahui :
·
Seberapa besar pengaruh kepuasan
konsumen terhadap mobile internet
·
Faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku
konsumen
1.4 Metodologi Penelitian
Peneliti pada awalnya melakukan sampel kewilayahan, berhubung
peneliti mengalami kesulitan untuk mendapatkan angka untuk data primer populasi
pengguna mobile internet dengan paket layanan data Unlimited Internet CDMA di
DKI Jakarta , dan mengikuti aturan ilmu statistika mengenai desain dan prosedur
sampling,akhirnya peneliti menggunakan Non Probability Sampling,dimana setiap
anggota populasi tidak memiliki kesempatan atau peluang yang sama sebagai
sampel.
REFERENSI :
1. http://www.scribd.com/doc/88231286/04-Jurnal-Handy
2. http://blog.ub.ac.id/fromdekaprada/2012/09/26/review-analisis-jurnal-perilaku-konsumen/
REFERENSI :
1. http://www.scribd.com/doc/88231286/04-Jurnal-Handy
2. http://blog.ub.ac.id/fromdekaprada/2012/09/26/review-analisis-jurnal-perilaku-konsumen/
3. http://anasaidiladli.wordpress.com/2012/11/09/responsi-2-perilaku-konsumen-dalam-pengambilan-keputusan-terhadap-produk-yang-diinginkan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar