Analisis Pengaruh Faktor Kepuasan dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Paket Layanan
A. Latar Belakang
Pertumbuhan
akses internet di Indonesia sangat pesat, diawali dengan masuknya internet ke
Indonesia sekitar tahun 1994. Berdasarkan data terakhir dari APJII (Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) di tahun 2007, pada saat ini pemakaian
internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 25 juta, mengalami pertumbuhan
populasi sekitar 10,5% dari hanya sekitar 2 juta pemakai di tahun 2000
(www.apjii.or.id ). Pertumbuhan perusahaan yang menyediakan jasa Internet di
Indonesia berkembang sangat baik. Berdasarkan data yang diterima dari
Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, ijin yang telah dikeluarkan untuk
ISP sekitar 298, NAP sekitar 44 & Multimedia sekitar 25 sampai akhir 2007. Secara
realisasi data sampai akhir 2007, jumlah perusahaan yang menjadi anggota
berjumlah 198 dan perusahaan secara operasional yang menjalankan bisnis
penyedia jasa internet berjumlah 165.
Populasi penduduk di Indonesia yang mencapai sekitar 230
juta jiwa menjadi prospek pasar/bisnis yang menjanjikan bagi operator
telekomunikasi yang memberikan jasa layanan telepon bergerak atau selular. Pada
masa mendatang, bisnis telekomunikasi khususnya untuk telepon bergerak
diperkirakan akan tetap mengalami pertumbuhan. Penyelenggara bisnis
telekomunikasi yang menyediakan jasa layanan internet dari selular/mobile
internet harus cermat dalam menghadapi perilaku konsumen yang selalu menuntut
kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakan jasa
internet.
Berdasarkan
uraian yang telah penulis kemukakan di atas, maka dalam penelitian ini penulis
akan mengambil judul
" Analisis Pengaruh factor kepuasan dan perilaku kosnumen terhadap keputusan pembelian paket layanan "
Tidak ada komentar:
Posting Komentar