Kamis, 22 November 2012

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


Analisis Data

   1. Jenis Kelamin Responden
           Dari hasil pengolahan data responden, bahwa jenis kelamin responden lakilaki lebih banyak, dengan prosentase mencapai (69%) dibanding perempuan hanya (31%).Keadaan tersebut menunjukkan bahwa laki-laki lebih banyak memiliki peluang untuk akses internet dibanding perempuan.
           Menurut survei dari Nielsen Mobile July 2008, pengguna Mobile Internet adalah pria/laki-laki 56 persen dan 44 persen adalah perempuan/wanita.Di beberapa Negara maju seperti Amerika sekitar 66 persen(%) adalah laki-laki, Di Jerman, dimana 75 persen dari pengguna internet mobile adalah laki-laki.
           Tingginya pengguna mobile internet yang menggunakan akses Unlimited internet CDMA dari gender laki-laki pada penelitian ini,dikarenakan jumlah responden pria pada penelitian ini adalah lebih banyak dari wanita,selain itu ada kecenderungan bahwa pria/laki-laki lebih menyukai eksplorasi terhadap perkembangan teknologi komunikasi informasi dengan memanfaatkan internet dan sesuai hasil survei yang telah diuraikan diatas masih didominasi oleh pria/laki-laki.

 

    2. Usia Responden
           Dilihat dari faktor usia,responden berasal dari usia kurang dari 25 tahun sampai dengan sekitar 55 tahun,dimana 95% responden dari usia produktif. Menurut penelitian Hardjito (2001) yang menyatakan bahwa secara umum tidak terdapat perbedaan menggunakan internet berdasarkan usia.
            Keragaman usia responden tersebut relatif dapat diasumsikan adanya keragaman dalam penggunaan akses internet. Usia 26-30 tahun sekitar 27% untuk penggunaan mobile Internet dan usia 31-35 tahun adalah pengguna tertinggi prosentase mencapai 28%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar