Kamis, 22 November 2012

BAB V

PENUTUP


A. Kesimpulan

         Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis dari uji yang dilakukan dari beberapa metode adalah sebagai berikut :
         Customer service memegang peranan yang sangat penting dan strategis baik diperusahaan secara umum dan di operator telekomunikasi, dimana konsumen harus dapat dilayani dengan informasi yang baik dan benar, dan apabila ada produk baru dan permasalahan yang dihadapi oleh konsumen, customer service dapat memberikan informasi yang dibutuhkan di gerbang terdepan perusahaan.
           Responden masih memandang rendah terhadap pelayanan dari Paket layanan data Unlimited internet CDMA yang diberikan oleh beberapa operator telekomunikasi CDMA yang menjadi target dari penelitian.
          Didalam penelitian ini, berdasarkan kuesioner yang diolah diperoleh data mengenai penilaian kepuasan responden terhadap paket layanan data Unlimited Internet dari beberapa Operator Telekomunikasi CDMA di sekitar wilayah DKI Jakarta yang menjadi sampel di dalam penelitian ini.

B. Saran
       1. Pengembangan Ilmu Pengetahuan
               Penelitian lanjutan dapat dilanjutkan dengan melibatkan lebih banyak faktor dan sampel dari populasi yang lebih besar dan belum tergali yang dapat mempengaruhi konsumen dalam pembelian paket layanan data unlimited internet baik dari operator telekomunikasi CDMA maupun ISP, sehingga dapat diketahui lebih detail faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen didalam keputusan pembelian produk/layanan dari operator telekomunikasi/bisnis yang sejenis.
       2. Bisnis
              Berdasarkan pada kesimpulan yang diambil ,selanjutnya dapat diusulkan beberapa saran yang dapat dilakukan dan bermanfaat kepada Operator Telekomunikasi/ISP. Adapun saran yang diusulkan adalah sebagai berikut:
            a)   Faktor Psikologi (X4)
                     Memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian paket layanan data Unlimited Internet CDMA di DKI Jakarta, untuk selalu meningkatkan variabel Faktor Psikologi dengan dimensi motivasi–Kepercayaan dan Sikap, karena didalam penelitian ini, variabel Faktor tersebut memiliki pengaruh dominan terhadap motivasi konsumen untuk pembelian, seperti pelayanan internet yang bertanggung jawab (no access porn web), mendidik dan konsisten terhadap layanan, kualitas & harga.
            b)   Faktor Kepribadian (X3)
                       Faktor yang berpengaruh signifikan kedua, setelah Faktor Psikologi, berdasarkan dimensi usia dan tingkat kehidupan, operator telekomunikasi lebih berperan dan serius didalam menangkap dari keinginan calon atau yang sudah menjadi pelanggan dari salah satu operator telekomunikasi, ternyata didalam hasil penelitian ini, pelanggan akan loyal pada layanan Jasa yang memperhatikan mutu/kualitas kecepatan layanan jasa paket layanan data Unlimited Internet CDMA yg stabil dan diandalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar