Rabu, 21 November 2012

BAB II

LANDASAN TEORI


1.   Faktor - faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

       a)   Faktor Budaya

             Sesuatu yang perlu dipelajari, konsumen tidak dilahirkan untuk secara spontan mengerti tentang nilai dan norma atas kehidupan sosial, melainkan mereka harus belajar tentang apa yang diterima dari keluarga dan lingkungannya. Contohnya adalah kultur dan kelas sosial membentuk segmen pasar tersendiri yang memerlukan barang yang tidak sama. Kebutuhan berinternet pelajar/pekerja di jawa barat dapat berbeda dengan kebutuhan ber internet pelajar/pekerja di wilayah DKI Jakarta.

        b)   Faktor Sosial

               Pembagian masyarakat yang relatif homogen dan permanen yang tersusun secara hierarkis dan anggotanya menganut nilai, minat, dan perilaku yang serupa. Kelas sosial tidak hanya mencerminkan penghasilan, tetapi juga indikator lain seperti pekerjaan, pendidikan, dan tempat tinggal.

        c)   Faktor Kepribadian

                Keputusan pembelian konsumen juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi atau individu. Karakteristik tersebut meliputi usia dan siklus hidup, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian, gaya hidup dan konsep diri. Usia dan tahapan siklus hidup konsumen mempunyai pengaruh penting terhadap perilaku konsumen.

        d)   Faktor Psikologi atau Kejiwaan

                 Pilihan pembelian konsumen dipengaruhi oleh empat faktor psikologi utama yaitu: motivasi, persepsi, pembelajaran, serta keyakinan dan pendirian.(Kotler, 1996).
2.   Hipotesis

         Hipotesis adalah jawaban sementara yang hendak diuji kebenarannya jenis hipotesis yang akan dipergunakan adalah hipotesis nol. Penulis mengambil hipotesis yang hendak di uji. Secara statistik dapat dirumuskan sebagai berikut:
  • H0:a=0; Tidak ada pengaruh antara variabel Faktor : budaya(X1), Sosial(X2),  Kepribadian(X3), dan Psikologi(X4) dengan variabel keputusan pembelian Unlimited Internet CDMA(Y).
    H1:a≠0; Ada Pengaruh variabel Faktor : Budaya(X1),  Sosial(X2),  Kepribadian(X3),  dan Psikologi(X4) dengan variabel keputusan pembelian Unlimited Internet CDMA (Y).
  • H0:a1=0; Tidak ada pengaruh antara Variabel faktor Budaya (X1) terhadap Variabel Faktor Keputusan pembelian Unlimited Internet CDMA (Y).
    H1:a1≠0; Ada pengaruh antara variabel Faktor Budaya(X1) dengan Keputusan Pembelian Unlimited Internet CDMA(Y).
  • H0:a2=0; Tidak ada pengaruh antara Variabel faktor Sosial (X2) terhadap Variabel Faktor Keputusan pembelian Unlimited Internet CDMA(Y).
    H1:a2≠0;
    Ada pengaruh antara variabel Faktor Sosial(X2) dengan Keputusan Pembelian Unlimited Internet CDMA (Y).
  • H0:a3=0 ; Tidak ada pengaruh antara Variabel faktor Kepribadian (X3) terhadap Variabel Faktor Keputusan pembelian Unlimited Internet CDMA(Y).
          H1:a3≠0; Ada pengaruh antara variabel Faktor Kepribadian(X3) dengan Keputusan Pembelian Unlimited Internet CDMA (Y).
  • H0:a4=0; Tidak ada pengaruh antara Variabel faktor Psikologi (X4) terhadap Variabel Faktor Keputusan pembelian Unlimited Internet CDMA(Y).
    H1:a4≠0; Ada pengaruh antara variabel Faktor Kepribadian(X4) dengan Keputusan Pembelian Unlimited Internet CDMA(Y). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar