Rabu, 21 November 2012

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN



A.   Pendekatan Penelitian

          Methodologi penelitian adalah suatu pengkajian dari peraturan-peraturan yang terdapat dalam metode riset. Sedangkan metode merupakan suatu prosedur atau cara mengetahui sesuatu, yang mempunyai langkah-langkah yang sistematik.
  1.    Variabel Penelitian
              a.   Variabel Bebas ( Independent Variable)
                    Variabel yang nilainya tidaktergantung nilai variabel lain.variabel ini diberi simbol X, Didalam tesis ini yang dimaksud variabel bebas adalah:
                     1.   Faktor Budaya ( X1 )
                     2.   Faktor Sosial ( X2 )
                     3.   Faktor Kepribadian ( X3 )
                     4.   Faktor Psikologis ( X4 )

               b.   Variabel Tidak Bebas ( Dependent Variable)
                      Variabel yang nilainya tergantung nilai variabel lain. Variabel ini diberi simbol Y. Didalam tesis ini yang dimaksud Variabel tidak bebas adalah Keputusan Pembelian Unlimited
Internet CDMA(Y).


         2. Penentuan Sampel dan Populasi
                 Penelitian menggunakan Convenience sampling atau Opportunity Sampling, dimana penarikan sampel menggunakan teknik kesesuaian (convenience) dilakukandengan memilih unit-unit analisis yang dianggap sesuai oleh peneliti.Pemilihan sampel didasarkan kemudahan akses, misalnya teman, rekan kerja, mahasiswa, pelajar. Jumlah responden yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini
ditetapkan berjumlah 100 responden.Data hasil survei dikumpulkan menggunakan kuesioner berisi pertanyaan terstruktur dengan jawaban dalam skala Likert,dimana skala pengukurannya Sangat Setuju(SS) dengan skala 5 dan Sangat Tidak Setuju(STS) dengan skala 1.Data akan diolah menggunakan program SPSS versi 16.0.

  B.   Jenis Penelitian
          Jenis penelitian yang dilakukan adalah pengujian hipotesis yaitu untuk menjelaskan pengaruh antara dua variabel dengan pendekatan metode deskriptif dan kuantitatif.

 C.   Metode Pengumpulan Data
           Metode pengumpulan data dalam penulisan ini addalah dengan melakukan studi pustaka. Studi pustaka merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan membaca buku-buku, literatur, jurnal-jurnal dan mencari referansi penelitian yang berkaitan dengan penulisan ini.

D. Metode Analisis Data
        Berikut merupakan metode analisis data yang digunakan penulis serta penelitian yang dilakukan terdahulu.

      1. Uji Reliabilitas
               Uji reliabilitas merupakan alat untuk mengukur suatu kuesioner yang merupakan indikator dari variabel atau konstruk. Suatu kuesioner dikatakan reliable atau handal jika jawaban seseorang terhadap pernyataan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu. Pengukuran reliabilitas dilakukan dengan cara one shot atau pengukuran sekali saja dengan alat bantu SPSS uji statistik Cronbach Alpha (α). Suatu konstruk atau variabel dikatakan reliable jika memberikan nilai Cronbach Alpha > 0.6.
       2. Analisis Regresi Linier Berganda
           
Analisis ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas yaitu: faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor kepribadian (X3), dan faktor psikologis (X4) terhadap variabel terikatnya yaitu keputusan pembelian (Y). Persamaan regresi linier berganda adalah sebagai berikut:
Y = a + b1X1 + b2X2 e
Dimana:

Y = Variabel dependen (keputusan pembelian)
a = Konstanta
b1, b2,= Koefisien garis regresi
X1, X2 =Variabel independen (faktor budaya dan sosial)
e = error / variabel pengganggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar